Kurikulum Pembelajaran

Kurikulum Operasional PAUD Istiqomah Sambas menggunakan prinsip pembelajaran yang berpusat pada anak. Prinsip ini selaras dengan prinsip Merdeka Bermain  Merdeka  Belajar  dimana  guru  berperan sebagai fasilitator anak dalam belajar. Guru memfasilitasi anak agar dapat berfikir logis, kritis dan kreatif. Selain itu   guru   juga   perlu   menstimulasi   anak  supaya  dapat  bersosialisasi  dengan temannya,  baik di lingkungan sekolah maupun di rumah. Kurikulum diperkaya dengan kegiatan yang beragam dan menantang agar dapat mengembangkan ketrampilan menyelesaikan masalah dengan cara yang kreatif, sehingga mereka dapat menjadi aset masa depan bangsa.

Penyediaan lingkungan belajar yang kondusif, penggunaan media pembelajaran yang variatif serta pemanfaatan berbagai sumber belajar dari lingkungan sekitar menjadi salah satu fokus untuk memberikan pelayanan pembelajaran yang berkualitas. Dengan menjalin kemitraan dan dukungan orang tua, masyarakat sekitar, pemerintah setempat, dinas pendidikan  dan pemangku kepentingan terkait lainnya akan mendorong terwujudnya kualitas pembelajaran di PAUD Istiqomah Sambas.

Struktur kurikulum PAUD Istiqomah Sambas terdiri dari program intrakurikuler, ekstrakurikuler dan muatan lokal. program pembelajaran intrakurikuler dilakukan dengan bermain menggunakan pendekatan :

  • Sentra

Sentra (center) merupakan pusat kegiatan bermain anak yang memfasilitasi dan menstimulasi pengembangan seluruh aspek pembelajaran melalui kegiatan bermain.  PAUD Istiqomah Sambas memiliki 9 (sembilan) sentra antara lain:

  • Sentra Persiapan,
  • Sentra Seni,
  • Sentra Bahan Alam,
  • Sentra Musik dan Olah Tubuh,
  • Sentra Balok,
  • Sentra Ibadah,
  • Sentra Main Peran Mikro,
  • Sentra Main Peran Makro, dan
  • Sentra Memasak (Cooking).

Setiap sentra menyediakan ragam main sesuai dengan kekhasan sentranya. Jumlah  ragam main dapat ditambahkan  sesuai  kebutuhan  dan  minat  anak.  Dalam  pembelajaran, anak  dapat memilih kegiatan main sesuai minatnya.

 

  • Projek

Projek yang dilakukan sesuai dengan topik dengan melibatkan anak dan orang tua. Observasi terhadap anak saat anak melakukan kegiatan bermain di sentra dilakukan pada setiap proses pembelajaran. Hasil observasi ditindaklanjuti dengan melakukan asesmen terhadap capaian anak.