Anak PAUD Berkunjung Ke Perpustakaan

Anak PAUD berkunjung ke Perpustakaan

Kunjungan ke perpustakaan merupakan salah satu upaya PAUD Istiqomah Sambas untuk mendekatkan dan mengenalkan anak-anak pada literasi. Selain kunjungan perpustakaan di lingkungan PAUD sendiri, kali ini guru-guru mengajak anak-anak ke Perpustakaan Bahrul ‘Ulum yang ada di lingkungan SMP Istiqomah Sambas. Kunjungan ini dilaksanakan dalam bingkai kegiatan “Jum’at Ceria” pada hari Jum’at, 2 September 2022.

Sebelum keberangkatan, anak-anak tampak sangat gembira. Dimulai dari kelompok anak usia 2-4 tahun dari KB Istiqomah Sambas disusul dengan anak-anak usia 4-6 tahun dari TK Istiqomah Sambas dengan didampingi oleh guru kelas masing-masing. Setiap kelompok berbaris dan berjalan kaki menuju SMP Istiqomah Sambas. Ibu Sakti Dian Kumalasari, S.Pd. selaku kepala bidang kesiswaan PAUD Istiqomah Sambas yang sekaligus mendampingi kegiatan kunjungan pada hari itu menyampaikan bahwa: “kegiatan jum’at ceria ini salah satunya adalah kunjungan ke perpustakaan dan kali ini ke perpustakaan SMP Istiqomah Sambas. Dengan kunjungan ini anak dapat belajar banyak hal mulai diri motoriknya dengan berjalan kaki, adab-adabnya saat bertamu atau berkunjung ke suatu tempat, serta perpustakaan itu sendiri juga merupakan sumber ilmu dimana anak-anak dapat mengenal apa saja yang ada di perpustakaan dan hal-hal yang dapat dilakukan di perpustakaan, bahkan hal-hal yang tidak boleh dilakukan di perpustakaan”.

Di perpustakaan, anak-anak disuguhi dengan storry telling yang dilakukan oleh anak-anak SMP Istiqomah Sambas. Tentu ini menjadi pengalaman yang istimewa bagi anak-anak PAUD yang biasanya dibacakan buku cerita oleh ibu guru, sedangkan kali ini dibacakan oleh kakak-kakak dari SMP.

“Respon anak-anak bagus, antusias, berani dan percaya diri. Mereka terlihat sangat senang mengikuti kegiatan” tutur bu Anah selaku kepala perpustakaan.

Pada kesempatan tersebut Ibu Sakti Dian juga menambahkan: “Selain kunjungan ke perpustakaan, kegiatan jumat ceria di semester I ini juga diisi dengan kegiatan berenang, berkebun, senam dan kerja bakti. Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan secara terjadwal”. Beliau berharap dengan kegiatan jum’at ceria tersebut anak-anak akan tumbuh dengan utuh, intelektualnya terstimulasi optimal, psikomotoriknya berkembang baik dan afektifnya terasah. (Purbaingga, 28 Januari 2023)

Lihat Postingan Instagram : Klik Disini

Similar Articles

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Youtube Chanel

Advertisment

Instagram

Instagram

Postingan Terbaru

Kegiatan Festival Membaca Buku Cerita Tahun 2023/2204

Assalamu'alaikum Waromatullohi Wabarakatuh Ayah Bunda.,.inilah dokumentasi rangkaian kegiatan festival membaca buku cerita di PAUD (KB dan TK) Istiqomah Sambas Purbalingga. Wassalamu'alaikum Waromatullohi Wabarakatuh.. sampai Jumpa di kegiatan...

Tingkatkan Literasi Anak Usia Dini dengan Festival Membaca Buku 2023

             Purbalingga, 10 Oktober 2023. Keprihatinan terhadap minat baca anak Indonesia menjadi pemantik digagasnya sebuah kegiatan literasi “Festival Membaca Buku...

 “Gebyar Polisi Sahabat Anak”

Dalang Polisi Menggelar Pertunjukan Wayang Lalu Lintas di PAUD Istiqomah Sambas Kamis, 14 September 2023 PAUD Istiqomah Sambas mendapat kunjungan istimewa dari Satlantas Purbalingga. Anak...
Open chat
Waalaikumsalam, dengan Paud Sambas ada yang bisa dibantu?